Tiga Obat Ampuh Mengatasi Writer Block

 Halo squad...

Pernah nggak kalian pengen banget nulis sampe di kepala rasanya ada sejuta ide yang harus segera ditumpahkan tapi pas tengah proses nulis tiba-tiba semua ide itu hilang, lenyap, dan membuat kalian bingung harus melanjutkan tulisan dengan cerita yang bagaimana?

Sini aku bisikin tentang itu, ayo๐Ÿƒ๐Ÿผ‍♀️๐Ÿƒ๐Ÿผ‍♀️๐Ÿƒ๐Ÿผ‍♀️(cari tempat :))

Nah, kalo squad pernah ngerasain kayak gitu, pasti rasanya rada emosi, kesel, dan bingung. Saat keadaan macet nulis itulah yang disebut writer block, yaitu keadaan dimana saat penulis terasa kehabisan ide untuk melanjutkan cerita. 

Sumber gambar : arryrahmawan.net

Ada beberapa tips dari para penulis yang udah senior. Alhamdulilah, saat itu aku pernah beberapa kali sharing-sharing dan tanya pada mereka dan jawabannya berbeda-beda. Pilih saja mana yang cocok buat kamu. Tapi bukan cocok dalam artian bikin kamu nyaman ya, terlebih yang bisa mencambuk kamu untuk terus menerus menulis. Dan dari perbedaan cara penanganan writer block,  kita bisa tau kalau semua orang tak bisa disamakan dalam satu teori. Ah, udahlah yuk kita langsung cuss bahas daripada kebanyakan muqoddimah๐Ÿƒ๐Ÿผ‍♀️

Obat 1 : Berhenti nulis sejenak. Berhenti nulis bentar aja, taruh semua perabotan nulis, lalu pergi ke mana gitu yang bisa bikin kamu feel free. Atau, bisa juga dengan melakukan hal-hal yang bikin dunia kamu terasa indah, misalnya dengerin musik, masak, jalan-jalan, ngehirup udara di luar ruangan, atau bantu emak kosok kamar mandi ๐Ÿ˜Ž

Pokoknya, kamu harus keluar bentar dari dunia tulis menulis, bentar aja, mungkin lima sampai sepuluh menit. Tapi, maksudnya di sini hanya fisiknya aja yang keluar, sedangkan otak harus nyari ide buat lanjutkan tulisan. Mungkin, dari gemericik air, napas angin, atau tarian daun, kamu bisa menemukan ide dari sana. Alam ini udah lengkap, jadi kamu hanya perlu pinter-pinter cari hal apa yang bisa bikin tulisan kamu cuss lanjut dan ngaliir pas dibaca.


Obat 2 : Baca buku. Iya, tips kedua cuman "baca buku" yang tentu untuk makin memacu pikiran agar bisa mendapatkan ide yang lebih segar untuk melanjutkan tulisan yang sempat macet.



 Tapi squad kudu tau kalau baca buku ini nggak sembarang buku loh. Kalau baca sembarang buku, pasti hasilnya malah nggak sesuai. Jadi, misal nih kalo squad nulis fiksi, ya bacalah buku fiksi. Malah lebih bagus lagi kalau sudut pandangnya sama, pasti gaya bahasanya juga nggak jauh beda. Sebaliknya, kalo squad nulis non-fiksi maka bacalah buku yang sesuai, dan kalau pembahasaannya dalam lingkup yang sama akan tambah bagus banget buat ngusir block writing.


Obat 3 : Lanjut nulis.

"Ha? Kan lagi macet nulis, kok malah nyuruh lanjut nulis, sih?"

Sumber : crafter.getcraft.com

Iya, justru cara inilah yang biasa dipakai banyak penulis senior maupun awam. Saat mereka macet nulis, mereka malah gencar memaksa otak untuk lanjut nulis tanpa memperhatikan tanda baca, banyak sedikitnya kata, atau apa pun. Udah, pokonya nulis aja terus sebelum idenya kabur dilamar angin. Masalah kaidah kebahasaan yang benar dan sesuai dengan KBBI, itu bisa belakangan. Pas udah selesai jreet, baru deh pikirkan KBBI.


Nah... Dari ketiga cara itu kamu lebih suka yang mana? Kalau belum ketemu yang mana yang kamu suka, boleh banget untuk mencoba satu satu. Jadi, kalau misalnya saat ini kena writer block, kamu coba pake obat nomor satu (berhenti nulis sejenak). Lalu writer block lagi pas kapan gitu, konsumsi obat kedua (baca buku). Dan lakukan begitu sampai habis obat ketiga. Dengan begitu, setelah itu kamu bisa  pilih salah satu atau salah dua yang bisa kamu jadikan cambuk diri sendiri agar bisa tetap melanjutkan nulis dengan perfect.

Semoga bermanfaat ๐Ÿ˜‰ 






Komentar