Jangan Ucapkan Kata Ini!

Halo squad blogger...

Kali ini aku pengen ngajak kalian mikir ya. Cukup penting, sebab belum banyak orang yang tau. Padahal terlihat sepele, tapi kudu diketahui. Apalagi kalau menjabat jadi akademisi, wajib banget tau ilmu ini. Kuy baca...

Pernahkah kalian merasa kecil saat ada orang yang menyalahkan? Atau merasa tak percaya diri lagi saat ada orang menertawakan apa yang kalian lakukan?


Hmm... Aku yakin pasti pernah, bukan? Entah di sekolah, kampus, kantor, atau malahan di media sosial.

Harusnya kalian tidak diperlakukan seperti itu. Rasanya pasti sangat tidak enak. Pasti ada partikel-partikel semangat yang jadi mati sebab dapat kata "kamu salah!" atau dapat seruan tawa. 

Nah, kalau sudah tau rasanya tidak enak begitu, kamu pun jangan melakukan hal yang sama. Gantilah ucapan "kamu salah!" dan seruan tawa dengan hal lain yang berinti sama tapi dengan cara yang lebih menyenangkan. Bukan hanya tutur kata yang bagus aja yang kamu dapatkan, tapi kamu jadi lebih terhormat dengan kebaikan sekecil itu.

Mulai sekarang, gantilah ucapan 
"Kamu salah!" menjadi "kamu sudah benar, hanya saja kurang..." 

Dan gantilah tawa dengan senyum hangat juga damai. Lalu berbisiklah pada orang itu dengan kalimat begini "kamu keren sekali, tapi akan lebih keren kalau kamu mengganti bagian ini dengan..."

Benar kan kalo terdengar sepele, tapi itu tuh penting banget? Bahkan kalau ini dipraktikkan pada bocah kecil, pasti lebih ngena.

Kuy, mulai sekarang ganti kalimat-kalimat tak layak ucap dengan yang lebih halus dan sederhana.







Komentar