Bedanya Tumpang dan Tumpeng

 Assalamualaikum...

Halo squad blogger... Udah pada makan belum, nih? Mau tau nggak aku kasih tau makanan enak yang ada di Kediri? Kuy, sini aku bisikin...

Di Kediri, menjual banyak makanan khas daerah, tapi yang paling banyak dicari adalah sambal tumpang. Tunggu, squad udah pada tau belum bedanya tumpang sama tumpeng? Udah? Belum?

Yup, jadi tumpang adalah makanan jenis kuah kental yang rasanya cukup pedas, kebanyakan disajikan sebagai topping pada nasi pecel. Sedangkan, tumpeng adalah nasi kuning yang dibentuk kerucut dan disekelilingnya di beri lauk pauk tertentu. 

Gambar : pecel tumpang


Gambar : Tumpeng

Nah, banyak orang yang suka tumpeng karena rasanya yang pedas dan teksturnya yang kental. Tapi tiap warung berbeda, ada yang terlalu cair, pas, dan yang terlalu kental. Kalau aku lebih suka tumpang yang dijual di warung-warung sekitar daerah Kampung Inggris, Pare, Kediri. Soalnya, di sana ada sebuah warung nasi pecel favoritku. Rasanya yummy banget. Apalagi kalau disajikan masih anget plus masih pagi-pagi. Hmm... jadi pengen makan nih wkwk.

Nah, tadi udah aku sebutkan ya kalau sambal tumpang (baca langsung tumpang juga boleh) sering dijadikan topping nasi pecel. Ada pula yang menjualnya terpisah, atau dipadukan dengan makanan utama lainnya. Yup, kebanyakan tumpang hanya digunakan untuk penyeimbang rasa saja. Tapi jangan khawatir, meski hanya digunakan sebagai makanan sampingan, tumpang tetap aja enak. Insya Allah nggak nyesel beli tumpang. Harganya murah banget dan dibayar lunas dengan rasanya yang tradisionalnya mantul pake kebangetan.


Komentar

  1. Balasan
    1. Aku pas nulis aja perutku jadi Kaler๐Ÿ˜‚

      Hapus
  2. Pagi2 baca ini..... MaasyaAllah jadi pengen pecel2 an hehehe. Syuka banget sama makanan yang ada kacang2 nya:)

    BalasHapus
  3. Wah jawa timur punya sambel tumpang .... kalau mau buat ada di blog ku Kak ... ๐Ÿ˜๐Ÿ˜ promosi

    BalasHapus
  4. Jadi inget sama teman suka sarapan nasi pecel di Pare Kediri

    BalasHapus
  5. Ke mana aja aku selama ini, baru tahu yang namanya tumpang, hehehe. Jadi pingin nyoba

    BalasHapus
  6. Hoalaaaah auto ngiler dongs... Baru denger namanya 'tumpang', tapi suka pecel dogsss, tumpeng juga suka hehe

    BalasHapus
  7. Kalau di tempat saya, sambal tumpang dibuat dari tempe semangit. Wuih, bisa ngabisingin nasi sepiring tuh. :)

    BalasHapus
  8. Baru tau ada makanan namanya tumpang kak, Indonesia memang kaya dengan kuliner nya ya. Proud

    BalasHapus
  9. bacanya malah jadi laper gini

    BalasHapus
  10. Assalamualaikum kakak, wah postingannya bikin laper ya. Aku cuma mau mengingatkan aja, kita sharing ya kak.

    Pada paragraf kedua, yaitu;
    Di Kediri, menjual banyak makanan khas daerah, tapi yang paling banyak dicari adalah sambal tumpang. "Tunggu, squad udah pada tau belum bedanya tumpang sama tumpeng? Udah? Belum?"

    Pada paragraf kedua ini ada kalimat yang saya kasih tanda kutip. Kalau menurut saya sebelum kakak menyatakan "udah tau beda tumpang dan tumpeng" itu kakak kasih intro dulu kalau yang kakak bahas itu tumpang, meski mirip2 tumpeng jadi gini:

    "Di Kediri, menjual banyak makanan khas daerah, tapi yang paling banyak dicari adalah sambal tumpang. Eh ini bukan nasi tumpeng loh ya, tapi sambal tumpeng, meskipun penamaannya hampir mirip, tapi mereka 2 makanan yang berbeda secara signifikan. Tunggu, squad udah pada tau belum bedanya tumpang sama tumpeng? Udah? Belum?

    Terus yang kedua, pada paragraf 4 mungkin kakak mau bilang tumpang, tapi typo malah jadi tumpeng.

    Yang terakhir, kan di judul bedanya tumpang dan tumpeng, tapi kakak cuma membahas tumpang saja secara keseluruhan belum menyinggung si tumpeng. Nanti tumpengnya ngambek looohhh ๐Ÿ˜

    Itu saja komentar aku. ..
    Maaf ya kaakkk jika kurang berkenan ๐Ÿ™๐Ÿป๐Ÿ™๐Ÿป๐Ÿ™๐Ÿป

    BalasHapus
  11. ya Allah seriusan liat ini malem-malem jadi super ngiler banget. Aku suka banget sama makanan nasi pecel tumpang, kalo di Nganjuk dulu setiap pagi gapernah absen sarapan nasi pecel aku

    BalasHapus
  12. Kalau saya ke Kediri, ketemuan yok dan kita makan di warung ini.
    Jadi sambal tumpang ini saos kacang kah?
    Kalau dilihat dari tekstur dan penjelasan dituang di atas pecel.

    BalasHapus
  13. Owalaahh aku baru tahu ada makanan namanya tumpang hiks... Makasih kak, literasi makanan khas Indonesia

    BalasHapus
  14. wahh... jadi lapar kak, syuka dengan temanya

    BalasHapus
  15. Izin promo ya Admin^^

    Bosan gak tau mau ngapain, ayo buruan gabung dengan kami
    minimal deposit dan withdraw nya hanya 15 ribu rupiah ya :D
    Kami Juga Menerima Deposit Via Pulsa
    - Telkomsel
    - GOPAY
    - Link AJA
    - OVO
    - DANA
    segera DAFTAR di WWW.AJOKARTU.COMPANY ....:)

    BalasHapus

Posting Komentar