Buat Kamu yang Cinta Ngopi

 Kopinya, MasπŸ˜€πŸ˜€

Yang suka ngopi mana suaranyaaa...

Aku mau cerita perihal kopi, nih. Bukan tentang sejarahnya, sebab sudah ada banyak banget buku yang membahas sejarah kopi. Kalo mau versi novel, baca aja bukunya Mbak Dee Lestari "Filosofi Kopi" yang membahas dunia kopi.




Di Indonesia, udah banyak banget macam-macam kopi yang nikmatnya sampai dicicipi orang-orang Internasional. Tapi, yang paling aku suka adalah kopi capuccino. Yah, capuccino bukan kopi beneran sih, tapi tetap aja ada kandungan kopinya. Alasannya sederhana, kopi yang tidak asli itu menghasilkan rasa baru yang susah dilupain lidah sebab kekhasannya. Rasa baru itulah yang membentuk cinta yang baru, pada sesuatu yang baru, tentu pada rasa baru itu tadi. Seperti cappucino, ada kopi, susu, dan bahan-bahan lain yang diseduh dengan derajat celsius maksimal milik air, lalu rasa batunya akan muncul sempurna. Ah, susah sekali meneguknya hanyak dengan satu tegukan saja. Sayangnya, cara minum kopi nggak kayak minum air bening (emang bening kan, nggak putih 😁), jadi nggak bisa sekali teguk deh. Tak apa, seteguk kopi aja rasanya udah mantap banget.

Dan untuk kamu, para pecinta kopi asli...

Ada yang bilang alasannya juga sederhana untuk mencintai kopi yang sesungguhnya, yaitu hanya ingin merasakan apa yang asli, bukan yang dibuat-buat atau direkayasa hingga membuat rasanya kalah dengan campurannya. Ngopi yang beneran kopi, begitulah kira-kira prinsipnya. Kopi asli tuh seperti kepastian, nggak ada unsur lain yang mempengaruhi adanya rasa lain. Kamu, yang suka kopi asli, pasti lebih tau bagaimana enaknya ngopi yang beneran kopi.

Kabar gembiranya, di Indonesia udah banyak banget kedai-kedai kopi yang bukan abal-abal. Malahan, sekarang di desa-desa kecil bukan cuman tempat ngopi yang duduknya berjejer dengan kawan di atas kursi bambu panjang, lalu pembeli bilang, "Kopi atu ama nasi pecel dua makan sini," πŸ˜„ Kedai kopi yang zaman sekarang adalah kedai kopi versi anak muda, yaitu yang Instagram able dan harganya cocok di kantong. Jadi bukan cuman kopinya aja yang utama, tapi juga tempatnya. Nah, itu tuh kunci rahasia buat buka kedai kopi πŸ˜€

Kopi apa pun yang kamu suka, di mana pun tempatnya, aku ingin kamu nggak lupa kalau kopi yang sesungguhnya itu dari Indonesia. Ada-lah cerita dibalik itu semua, baca aja buku sejarahnya. Aku harap kamu mengerti, kalau kopi yang enak tuh bukan yang Made in luar negeri. Jangan sampai kamu cinta kopi tapi lupa tanah sendiri, yang begitu itu hanya cinta fiktif belaka. Satu lagi, kalau kamu bilang suka kopi, jangan suka karena merk-nya ya😁

Semoga bermanfaat πŸ€—





Komentar