Bangsa pun Utang Bahasa

 Assalamualaikum...๐Ÿ‘‹๐Ÿ‘‹

Hai, teman...

Kalau biasanya aku sapa dengan panggilan "squad", kali ini aku mau nulis yang serba berbahasa Indonesia aja. Di sisi lain karena topik kali ini emang itu, aku juga suka dengan bahasa Indonesia. Tapi, juga emang aku sengaja kalau aku nulisnya nggak sesuai bahasa baku di kamus terhormat, KBBI, biar lebih enak aja. 

Ngomongin bahasa Indonesia, teman tau nggak kalau bangsa Indonesia punya utang budi sama bahasa Indonesia? Coba ddha baca kalimat tadi sekali lagi. Benar, yang punya utang budi terhadap bahasa Indonesia adalah bangsa Indonesia sendiri. Kenapa bisa? Yuk kita bahas...

Bahasa Indonesia adalah bahasa resmi bangsa Indonesia. Terciptanya bukan karena kebetulan, tapi melalui proses yang panjang hingga menjadi kebiasaan dan akhirnya disepakatkan. Bayangkan saja, membentuk bahasa bukanlah hal mudah. Ada perjalanan duka, lara, suka di sana. Para pendahulu bangsa Indonesia sudah merasakan susahnya merakit bahasa Indonesia, sedangkan kita menjadi subjek yang hanya tinggal ngomong aja. Namun, kebanyakan kita malah malu berbahasa Indonesia. Bilang nggak gaul-lah, nggak kekinian-lah, dan apalah gitu. Hey, teman! Emangnya bahasa yang bagus tuh kayak apa? Mohon maaf nih kalo ada yang jawab bahasa Inggris, apa kamu nggak ingat kalo bahasa Inggris sangat lebih dulu lahir dibanding bahasa Indonesia? Bukannya selama ini yang disebut kuno hanya layak disandang untuk apa-apa yang sudah lama terlahir lebih dulu? 

Coba pikirkan.

Lalu, kalau saja nggak ada bahasa Indonesia, apa jadinya bangsa Indonesia sekarang ini? Bisa jadi kita masih terborgol dengan penjajahan kejam kaum asing sebab kita nggak punya bahasa pemersatu. 

"Bersatu itu harus nomor satu."

Jadi, mulai sekarang, bersyukurlah sangat pada Sang Kuasa sebab telah menciptakan bahasa Indonesia yang akhirnya digunakan sebagai bahasa resmi rakyat Indonesia. Bukan berarti kamu harus membatasi diri atau malah lari dari belajar bahasa asing loh ya. Tetaplah belajar selagi apa yang kamu pelajari membawa kebermanfaatan untu dirimu sendiri dan banyak orang. Tapi kamu harus tetap ingat, kalau bahasa yang kamu miliki sesungguhnya, bahasa yang wajib kamu genggam, bahasa yang wajib kamu jaga, adalah bahasa Indonesia. Jangan ati doi aja yang kamu jaga:-)

Ingat deh prinsip ini๐Ÿ‘‡

Salam Bersatu, Salam Bahasa Indonesia ๐Ÿฅฐ



Komentar